-->
Seni Budaya Bumi Melayu
Rangkai Pantun Pengindah Kata
Bulatkan Tekad Teruslah Maju
Bersama Membangun Kelurahan Tercinta

Makan Ketupat Beralas Tikar
Dimasak oleh Anak Bu Zaitun
Tanjungpinang Kini Telah Bergelar
Kota Gurindam Negeri Pantun

Anak Raja Menunggang Kuda
Sambil Membawa Buah Pinang
Tanjung Unggat Kelurahan Termuda
Di Pemerintah Kota Tanjungpinang





26 Oktober, 2009

Penerimaan CPNS Tahun 2009

Pemerintah Daerah se-Provinsi Kepri secara serentak membuka pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2009. Jumlah lowongan yang tersedia sebanyak 3.251 formasi. Untuk tenaga guru sebanyak 1.197 formasi, tenaga kesehatan 803 formasi, tenaga teknis 1.214, dan untuk pelatih olahraga sebanyak 33 formasi.

Pendaftaran dimulai hari ini, Senin 26 Oktober 2009. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri menerima sebanyak 421 CPNS, 56 tenaga kesehatan, 332 tenaga teknis dan 33 pelatih olahraga. Pemko Batam menerima 570 CPNS, 208 untuk guru, 102 tenaga kesehatan dan 82 tenaga teknis. Pemko Tanjungpinang menerima sebanyak 166 CPNS, tenaga guru 18, tenaga kesehatan 63 dan tenaga teknis 85 orang.

Pemkab Bintan menerima 395 CPNS dengan rincian, 193 tenaga guru, 84 tenaga kesehatan dan 118 tenaga teknis. Pemkab Karimun menerima sebanyak 301 CPNS, yang terdiri dari 161 guru, 81 tenaga kesehatan dan 59 tenaga teknis.
Pemkab Natuna menerima sebanyak 399 CPNS, 221 orang tenaga guru, 106 tenaga kesehatan dan 72 tenaga teknis.

Sedangkan Pemkab Lingga merekrut 523 CPNS dengan 215 tenaga guru, 177 tenaga kesehatan dan 127 tenaga teknis. Sedangkan Pemkab Anambas adalah yang terbanyak merekrut CPNS, yakni sebanyak 654 formasi yang terdiri dari, 181 tenaga guru, 134 tenaga kesehatan dan 339 tenaga teknis.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Batam, Husnul Hafil mengatakan
mulai Senin ini diumumkan penerimaan CPNS. Dan sejak hari Senin ini pula bagi warga yang berminat sudah bisa mengirimkan lamarannya melalui kantor pos, sama seperti tahun-tahun sebelumnya.

"Masyarakat yang berminat masih ada kesempatan selama dua minggu ke depan untuk mempersiapkan berkas lamarannya," katanya, kemarin.

Adapun persyaratan yang harus dilengkapi pelamar, adalah foto copy ijazah yang sudah dilegalisir, foto copy KTP yang juga telah dilegalisir dari daerah asal tempat KTP dikeluarkan serta melampirkan pas foto.

"Untuk KTP, kita memang tidak mewajibkan pakai KTP Batam. Pelamar boleh menggunakan KTP nasional. Karena kalau kita khususkan KTP Batam, kita takut kehilangan formasi," ujarnya.

Untuk tahap awal, lanjut Husnul, persyaratan berkas tidak terlalu berat, namun kalau pelamar sudah dinyatakan lulus, maka merak wajib melengkapi persayatan lain yang lebih khusus seperti kartu Kuning dan surat-surat lainya.

Pada bagian lain Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Lingga Syamsudi mengatakan, jadwal pendaftaran CPNS dilaksanakan serentak dengan kabupaten/kota lainnya di Provinsi Kepri.

"Insya Allah, pengumuman formasi CPNS yang dibutuhkan diumumkan di media cetak yang ada di Kepri, Senin (26/10)," kata Syamsudi, Minggu (25/10).

Dikatakannya, soal formasi yang dibutuhkan secara lengkap, semuanya tertera dalam pengumuman di sejumlah media cetak yang terbit hari ini, termasuk di Harian Pagi Sijori Mandiri. Ia meminta calon pelamar yang berminat segera melengkapi sejumlah persyaratan untuk CPNS tersebut.

"Banyak sekali, kan lebih dari 500 lowongan kerja. Persyaratan melamar tidak jauh berbeda dibandingkan dengan persyaratan penerimaan CPNS tahun lalu," ujarnya.

Sementara itu Plt Sekretaris daerah Kota Tanjungpinang Gatot Winoto mengatakan, berkurangnya kuota CPNS untuk Tanjungpinang karena turunnya penerimaan Dana Alokasi Umum (DAU) yang sebelumnya telah ditetapkan.

Dari estimasi pengajuan DAU tahun 2009 sebesar Rp229 miliar dan tahun 2010 Rp260 miliar, hanya Rp185 miliar yang teralisasi. Sementara DAU merupakan anggaran yang digunakan untuk membayar gaji dan tunjangan seluruh pegawai PNS di lingkungan Pemko Tanjungpinang.

“Untuk itu dengan adanya pengurangan ini kita harus tetap realistis karena hal tersebut merupakan kepentingan jangka panjang. Apabila nantinya dipaksakan sesuai dengan yang tetapkan oleh MenPAN, maka dikhawatirkan akan menjadi masalah di kemudian hari,” kata Gatot, Minggu (25/10).

Mengenai pengurangan kuota PNS, menurut Gatot, sebelumnya sudah dibicarakan dengan Deputi Sumber Daya Manusia (SDM) MenPAN dan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Kepri.

Sedangkan Sekretaris Daerah (Sekda) Bintan, Amin Muchtar melalui Kepala BKD Bintan Ismawarman Ismail mengatakan tahun 2009 ini penerimaan CPNS dari kelompok umum lebih banyak dari tenaga guru dibandingkan tenaga kesehatan atau teknis. Selain kelompok umum, perekrutan CPNS juga dilakukan untuk 5 orang dari pengangkatan Sekretaris Desa (Sekdes). Sementara, 60 orang penerimaan dari kelompok honorer masih dalam pengurusan ke pusat. (sm/ik/yn/mm/in)

Comments :

4 komentar to “Penerimaan CPNS Tahun 2009”

Mudah-mudahan Penerimaan CPNS Tahun ini benar-benar bebas dari unsur KKN

Moderator mengatakan...
on 

Ane Pengen Jadi PNS Nih..

Anak Bintan mengatakan...
on 

Kayaknya Penerimaan CPNS dari tahun ketahun pasti anak-anak Pejabat semua..

Reva_UMRAH mengatakan...
on 

Terimakasih Infonya ya :)

CPNS 2014 mengatakan...
on 

Posting Komentar